Tugas Sekolahan

Kumpulan Tugas-Tugas Sekolah

Situs-situs Bersejarah di Blitar Legenda dari Mulut ke Mulut

Situs-situs Bersejarah di Blitar Legenda dari Mulut ke Mulut

Perburuan situs-situs bersejarah yang semula kami anggap usai, ternyata justru menuju pada babak baru. Selain candi-candi utama, kawasan Blitar ternyata masih menyimpan begitu banyak situs-situs yang termarginalkan. Keberadaan situs-situs tersebut belum banyak diungkap, dan hanya diperbincangan dari mulut ke mulut.

  1. 1.      Situs Mbah Reco

Keberadaan Situs Mbah Reco dianggap mamiliki kaitan dengan asal-usul Desa Pandanarum. Masyarakat Desa Pandanarum pun masih sering melakukan ritual adat di situs ini.

Situs Mbah Reco terdiri dari tiga buah arca, dari ketiga arca tersebut hanya dua arca yang memiliki bentuk yang jelas, yakni berwujud sesosok wanita dan pertapa. Dalam legenda yang berkembang, situs ini dipercaya sebagai pasangan dari Kelompok Arca Gaprang. Situs Mbah Reco dianggap sebagai kelompok arca wanita sedangkan Kelompok Arca Gaprang dianggap sebagai kelompok arca pria.

2.      Situs Selokajang

Secara administratif Situs Selokajang terletak di Desa Selokajang, Kecamatan Srengat, Kabupaten Blitar. Penduduk setempat menyebut situs ini dengan sebutan ”reco lawas”. Situs ini terdiri dari sebuah dwarapala dan sebuah kala. Dwarapala adalah arca penjaga yang digambarkan dalam posisi siaga dengan tangan memegang gada. Kala adalah salah satu unsur hias candi yang digambarkan sebagai makhluk bertaring dan memiliki semacam tanduk di bagian kepala. Kala bisanya terletak di bagian ambang pintu maupun di atas relung-relung candi. Berdasarkan keberadaan tinggalan-tinggalan tersebut, diduga dulunya pernah ada candi di Desa Selokajang.

  1. 3.      Situs Ngemplak

Situs Ngemplak berada di pinggiran Gunung Pegat Kecamatan Srengat. Temuan-temuan pada Situs Ngemplak ini terdiri dari genting dan ubin kuno yang diperkirakan berkaitan dengan Kekunaan Mleri. Sayang sekali penggalian dan penelitian mengenai situs ini tidak dilanjutkan. Pak Mujaneb (jurukunci Kekunaan Mleri) yang dahulu turut serta dalam penggalian dan penelitian pada Situs Ngemplak menuturkan bahwa penghentian penggalian dan penelitian pada situs ini dikarena hasil penyusunan ulang temuan-temuan yang dilakukan oleh BP3 Jatim tidak memperoleh bentuk yang memuaskan.  Temuan-temuan pada Situs Ngemplak kini dikubur kembali.

kalau mau download masi ada kelanjutannya Disni

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on June 27, 2013 by in Uncategorized.
%d bloggers like this: