Tugas Sekolahan

Kumpulan Tugas-Tugas Sekolah

Peradaban Yunani

Peradaban Yunani

Kenyataan bahwa sebegitu banyak polis pada masa Yunani kuno, yang membentang dari Sicilia hingga Asia Kecil, mengantarkan orang-orang Athena sebagai pendukung yang berjasa dalam memajukan kebudayaanYunani barangkali lebih menonjol daripada prestasi orang-orang Athena itu sendiri.  Beberapa diantara polis-polis itu menjadi pusat kebudayaan, misalnya seperti Sparta.  Ini berarti para turis yang sekararg ingin melihat bekas-bekas peninggalan Yunani Kuno dapat melihatnya di Italia selatan di Sicilia dan di Magna. Graccia Kuno dimana gedung-gedungnya mengalami kerusakan yang begitu parah, jadi peninggalan itu tidak hanya di Yunani saja.  Kita dapat menyebut beberapa orang besar Athena yang di antaranya ternyata bukan betul-betul orang Athena asli.  Homerus bcrasal dari Asia Kecil, pengarang puisi-Sappho-dari pulau Aegea di Lesbos, ahli geomelri Phytagoras dari pulau Samos, dokter Hippocrates dari pulau Cos dan lain-lainnya.  Athena tidak lagi memonopoli kebudayaan Yunani. jika dibandingkan misainya denganNew York yang memonopoli kebudayaan Amerika dewasa ini.

Agama

Untuk memahami peradaban Yunani, pertama-tarna harus kita pahami agamanya terlebih dahulu.  Orang-orang Yunani sesungguhnya memandang epos Homerus sebagaimana orang-orang Kristen dan orang-orang Yahudi menganggap kitab Perjanjian Lama sebagai sumber teologi dan bahan pengajaran yang takternilai harganya, dalam hal ini ajaran moral.

Menurut Herodotus para tiran dan pengikut-pengikutnya memilih seorang wanita yang dianggap jelita dalam segala-galanya.  Mereka para tiran dan pengikutnya merayu wanita ini dengan baju zirah.

Orang-orang Yunani secara konstan senantiasa memohon petunjuk dan mengambil hati dewa-dewa mereka.  Semenjak mereka senantiasa mengutamakan nasehat-nasehat Appollo, mereka mulai jarang melakukan peperangan, ekspedisi kolonialisasi, atau petualangan besar-besaran tanpa terlebih dulu menggunakan sabda Apollo yang bersemayam di Delphi itu.

Upacara-upacara keagamaan Yunani lainnya juga mengandung hal-hal yang serba misterius.  Ada ritus-ritus yang secara sederhana hanya dikenal sebagai misteri saja, karena sifat-sifatnya yang sama sekali tidak jeias, sangat rahasia bagi orang awam dan hanya dapat dimengerti oleh kelompok orang-orang yang sedang menjalani inisiasi.

Di tempat-tempat pemujaan, orang-orang Yunani biasanya mengorbankan barang:barang rumah tangga dan harta milik pribdai.  Namun dalam keadaan krisis atau darurat mereka mengorbankan manusia sebagai persembahan.  Pengorbanan manusia sungguh-sungguh sangat menonjol dalam legenda tentang Agamemnon, pemimpin Yunani dalam Perang Troya.

maaf yang ditampilkan hanya sebagian cape editnya heheheh😛
silahkan mengunduh dari link dibawah ^^

Link Download : Klik Disini

tinggal download aja gan, tapi inget di edit dlo ya
jangan lupa corat coret di bawah ya ….
semoga bermanfaat ^^

Keyword : peradapan yunani, seni, agama, drama tragedi, evaluasi agama, komedi, seni bangunan, ilmu pengetahuan, filsafat, socrates, plato, aristoteles, gaya yunani, kehidupan sehari-hari, keruntuhan dan transformasi yunani, perang peloponesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on June 21, 2013 by in Tugas Sejarah.
%d bloggers like this: