Tugas Sekolahan

Kumpulan Tugas-Tugas Sekolah

Materi Pengantar Bisnis

Materi pengantar Bisnis

Economic Environment

Ekonomi

1.      Kondisi Makrorkonomi (Macroeconomic Conditions):

          Merefleksikan seluruh ekonomi.

2.      Kondisi Mikrorkonomi (Microeconomic Conditions):

          Fokus pada bisnis atau perhatian pada industri.

Faktor makroekonomi mempengaruhi kinerja bisnis

1.      Pertumbuhan ekonomi.

2.      Inflasi.

3.      Tingkat bunga.

Tiga Ukuran Pertumbuhan Ekonomi

1.      Tingkat total produksi dari produk dan jasa :

GDP adalah total nilai seluruh produk dan jasa yang dihasilkan domestik.

2.      Pengeluaran Total:

Total jumlah pengeluaran dalam ekonomi.

3.      Alternatif indikator ekonomi :

Tingkat Pengangguran.

Empat Jenis Pengangguran

1.      Pengangguran Friksi (Frictional unemployment)

        Orang-Orang diantara pekerjaan

        Juga dikenal sebagai pengangguran alami.

2.      Pengangguran musiman (Seasonal unemployment)

        Orang-Orang yang tidaklah diperlukan selama beberapa musim.

3.      Pengangguran siklus (Cyclical unemployment)

        Menganggur dalam kaitan dengan kondisi-kondisi ekonomi lemah/miskin.

        Mungkin merupakan indikator yang terbaik dari kondisikondisi ekonomi.

4.      Pengangguran Struktural (Structural unemployment)

        Menganggur dalam kaitan dengan tidak cukupnya ketrampilan kerja.

Faktor Ekonomi Makro : Inflasi

Inflasi : Kenaikan tingkat harga umum atas produk dan jasa pada periode waktu tertentu.

Perusahaan dipengaruhi oleh :

1.      Tingginya Biaya operasi.

2.      Tingginya Upah yang dibayar kepada pekerja.

3.      Tingginya penghasilan.

Dua Bentuk Inflasi

1.      Cost-push inflation

        Tingginya harga disebabkan oleh tingginya biaya.

2.      Demand-pull inflation

        Tingginya harga disebabkan oleh kuatnya permintaan pelanggan atas produk.

Tingkat Bunga : Biaya Pinjaman Uang

Perusahaan dipengaruhi oleh :

1.      Biaya bunga tinggi.

2.      ROI rendah.

3.      Derajat ekaspansi rendah.

Penentuan Harga Pasar

1.      Skedul permintaan

        Indikasi kuantitas produk yang diminta pada harga tertentu.

2.      Skedul penawaran

        Indikasi kuantitas produk yang ditawarkan pada harga tertentu.

3.      Interaktsi penawaran dan permintaan

        Equilibrium price: Harga pada kuantitas yang ditawarkan sama dengan kuantitas yang diminta.

Skedul permintaan

1.      Kuantitas permintaan meningkat atau menurun

2.      Ekualibirium harga meningkat atau menurun

Contoh : Komputer menjadi sangat populer, karena permintaan meningkat.

Skedul Penawaran

1.      Kuantitas ditawarkan meningkat atau menurun.

2.      Ekualibirium Harga meningkat atau menurun.

Contoh     :    Teknologi memberikan kontribusi kepada perusahaan untuk menghasilkan komputer dengan biaya yang lebih rendah, maka perusahaan adalah rela untuk menyediakan pada harga yang lebih rendah.

Faktor-faktor yang mempengaruhi harga pasar

1.      Pendapatan pelanggan (Consumer Income).

2.      Kesukaan Pelanggan (Consumer Preferences).

3.      Biaya Produksi (Production Expenses).

Dua Kebijakan Pemerintah yang mempengaruhi ekonomi

1.      Kebijakan Moneter :

        Mengendalikan uang beredar.

        Menetapkan Cadangan Pemerintah

        Menaikkan atau menurunkan tingkat bunga

2.      Kebijakan Fiskal:

        Mengendalikan Pajak dan pembelanjaan.

Faktor-faktor yang mempengaruhi Suku Bunga

1.      Kebijakan Moneter (Monetary Policy).

2.      Pertumbuhan Ekonomi (Economic Growth).

3.      Kemungkinan Inflasi (Expected Inflation).

 Industry Environment

Sasaran Pembelajaran

1.      Identifikasi karakteristik industri yang mempengaruhi kinerja bisnis.

2.      Jelaskan mengapa beberapa perusahaan lebih ditunjukkan kepada kondisi-kondisi industri.

3.      Jelaskan bagaimana suatu perusahaan dapat bersaing di dalam industri nya.

Pengaruh Kharakteristik Kunci kepada kondisi industri

1.      Bagian pasar perusahaan.

2.      Fokus Perusahaan pada industri utamanya.

Perusahaan dengan Bagian pasar yang besar

1.      Mendapatkan lebih Manfaat dari kenaikan permintaan industri.

2.      Lebih Menderita akibat Penurunan permintaan industri.

Pesaing dalam sebuah Industri Sebuah perusahaan harus melakukan dua tugas:

1.      Menilai pesaing.

2.      Mengembangkan Keunggulan kompetisi.

Menilai Pesaing Di dalam suatu Industri

1.      Segmen berdasarkan jenis perusahaan

2.      Segmen berdasarkan kualitas yang dirasakan

Mengembangkan Persaingan

1.      Biaya produksi rendah (Low-cost production)

2.      Kualitas yang baik (Better quality)

3.      Diferensiasi Produk (Product differentiation)

Silahkan kalu mau download linknya ada di bawah

Link Download : Klik Disni

tinggal download aja gan, tapi inget di edit dlo ya
jangan lupa corat coret di bawah ya ….
semoga bermanfaat ^^

Keyword : Bisnis Pengantar, Economic Environment, Faktor makroekonomi mempengaruhi kinerja bisnis, Tiga Ukuran Pertumbuhan Ekonomi, Ekonomi, Empat Jenis Pengangguran, Faktor Ekonomi Makro Inflasi, Dua Bentuk Inflasi, Tingkat Bunga : Biaya Pinjaman Uang, Penentuan Harga Pasar, Skedul permintaan, Skedul Penawaran, Faktor-faktor yang mempengaruhi harga pasar, Dua Kebijakan Pemerintah yang mempengaruhi ekonomi, Faktor-faktor yang mempengaruhi Suku Bunga, Industry Environment, Pengaruh Kharakteristik Kunci kepada kondisi industri, Perusahaan dengan Bagian pasar yang besar, Pesaing dalam sebuah Industri Sebuah perusahaan harus melakukan dua tugas, Menilai Pesaing Di dalam suatu Industri, Mengembangkan Persaingan,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on June 21, 2013 by in Lain-lain.
%d bloggers like this: