Tugas Sekolahan

Kumpulan Tugas-Tugas Sekolah

KOMODIFIKASI: BAGAIMANA KEMISKINAN DI KOMERSIALISASIKAN UNTUK KEPENTINGAN SEBUAH INDUSTRI MEDIA TELEVISI

KOMODIFIKASI: BAGAIMANA KEMISKINAN DI KOMERSIALISASIKAN UNTUK KEPENTINGAN SEBUAH INDUSTRI MEDIA TELEVISI

Abstrak

Ketika sebuah reality show yang bertemakan kemiskinan digarap dan diproduksi oleh sebuah rumah produksi dan stasiun televisi, maka yang terjadi adalah praktek komodifikasi terhadap kemiskinan. Media memiliki kepentingan-kepentingan ekonomis di balik fenomena menjamurnya reality show bertema kemiskinan. Bagaimana kemiskinan dijadikan komoditas yang menggiurkan bagi industri media televisi. Rumah produksi secara cerdas telah menyulap kehidupan manusia yang hidup dengan kemiskinan menjadi bagian dari bisnis mereka, sehingga hal apapun dapat diubah  menjadi komoditas yang layak tonton alias mengalami komodifikasi dan untuk dikomersialisasikan.

Kemiskinan dijadikan sebagai sebuah komoditas yang dilebih-lebihkan atau dimanipulasi, ditambahkan rekayasa tertentu agar alur ceritanya menjadi lebih sendu dan dramatis sehingga dapat menyita perhatian publik. Tujuannya adalah untuk mendapatkan rating yang tinggi dari penonton televisi. Rating tinggi inilah yang biasa disematkan pada program tersebut, sehingga rumah produksi dapat menekan biaya serendah-rendahnya dan keuntungan setinggi-tingginya. Alasan memproduksi program reality show yang bertemakan kemiskinan tidak terlepas dari seberapa besar program tersebut mampu menarik para pengiklan untuk mengiklankan produknya di sela-sela tayangan acara tersebut. Sehingga rumah produksi memperoleh keuntungan pemasukan yang besar dari iklan tersebut.

kalau mau mengunduh silahkan gan
Link Download : Klik Disini

tinggal download aja gan, tapi inget di edit dlo ya
jangan lupa corat coret di bawah ya ….
semoga bermanfaat ^^

Keyword :KOMODIFIKASI: BAGAIMANA KEMISKINAN DI KOMERSIALISASIKAN UNTUK KEPENTINGAN SEBUAH INDUSTRI MEDIA TELEVISI, televisi, Uses and Gratification, program televisi, reality show, PT. Trans Corpora, Studio Trans TV, Media, The Political Economy Of Communication, Komodifikasi konten, Komodifikasi audiens, Komodifikasi pekerja, advertiser, komersil, kemiskinan, media televisi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on June 21, 2013 by in Lain-lain.
%d bloggers like this: